6c2y5xLulMkOYYgEXrgPjC5Lx3Je6RzEo1m3mFkw

5 Rekomendasi Makanan Ringankan Nyeri dan Lancarkan Haid

Datang bulanmu tidak lancar? Nyeri saat haid? Bagaimana kamu mengatasinya? Adakah rekomendasi makanan yang bisa dikonsumsi saat menstruasi?

    Sebagai seorang perempuan, adalah normal dan biasa mengalami haid setiap bulan. Haid atau Menstruasi merupakan salah satu tanda wanita memasuki masa pubertas, waktu di mana seorang anak mengalami perubahan fisik, sikap, perilaku dan pematangan organ reproduksi.

rekomendasi-makanan-ringankan-nyeri-dan-lancarkan-haid
Pixabay

    Haid itu keluarnya darah dari vagina yang merupakan bagian siklus alami organ reproduksi wanita. Ini terjadi karena lapisan dinding rahim atau endometrium yang menebal, luruh atau gugur karena tidak adanya pembuahan pada sel telur. Menstruasi sendiri dialami perempuan remaja rata-rata mulai di usia 10 atau 11 tahun ke atas.

    Saat sedang menstruasi, kadang ada saja gangguannya. Mulai dari Amenorea atau haid yang tak kunjung datang. Menoragia atau darah yang keluar secara berlebihan. Dismenorea atau nyeri menstruasi. Oligomenorea atau menstruasi yang jarang. Sampai Pre-Menstrual Syndrome/PMS, gejala menjelang menstruasi, bisa berupa sakit perut, pinggang dan punggung, nyeri payudara hingga perubahan mood atau suasana hati.

    Kalau dipikir-pikir, Perempuan itu kuat banget bisa mengalami itu semua di tiap bulannya. Masuk fase normal ya alhamdulillah. Kalau sudah nyeri dan haid yang tidak lancar, jujur ini memang PR banget sih dan saya juga mengalaminya. Enggak kaget saat ada Short Movie Korea The Day I Hate to Go to School yang membahas soal Menstruasi.

    Kalau diingat-ingat, di waktu remaja ketika beberapa teman mengalami nyeri bahkan pingsan saat menstruasi, saya termasuk yang biasa saja. Baru deh di awal usia 20-an, rasa itu mulai muncul. Nyeri haid atau dismenore terjadi karena kontraksi rahim menekan pembuluh darah yang mengelilingi rahim, hingga mutusin suplai darah dan oksigen ke rahim. Ada banyak penyebab seperti menarche yang lebih awal, haid tidak teratur, stres, depresi, kelebihan atau kekurangan berat badan dan lainnya.

    Saking tidak tahannya, saya pernah sampai mengikat perut demi mengurasi rasa sakit sampai minum feminax. Untungnya waktu ini terjadi, saya di rumah bukan sedang bekerja atau lainnya. Makanya cuti haid, hamil dan melahirkan ini harusnya tetap ada. Dan yang tak kalah penting, pengobatan rumahan mengurangi nyeri saat haid harus kita ketahui. Seperti dengan mengompres perut atau mandi air hangat, minum air putih, konsumsi vitamin D, dan juga olahraga.

Rekomendasi Makanan Ringankan Nyeri dan Lancarkan Haid


    Karena rasa sakitnya, saat awal menstruasi kadang saya suka malas makan. Namun, ada 5 makanan yang suka saya konsumsi dan ini cukup ampuh untuk meringankan nyeri serta melancarkan haid. Ini dia:


  • Kunyit
    Jika kalian pikir Kunyit hanya bisa jadi penambah rasa atau warna alami makanan bahkan bisa buat Nostalgia Main Masak-Masakan Zaman Dulu, sebenarnya Kunir itu rempah yang sangat kaya manfaat termasuk untuk mengatasi nyeri haid. Senyawa aktif di dalamnya mampu lancarin aliran darah ke seluruh tubuh. Saya sendiri memilih mengonsumsinya dalam bentuk Jamu Kunir Asam. Kebetulan, ada Penjual keliling yang rasa jamunya cocok di lidah saya dan betulan enak. Kalau kalian tidak menemukannya, bisa juga dengan minum kiranti. Ini kurang lebih sama, bahkan punya beberapa varian juga.

  • Jahe
    Selain Kunyit, rempah-rempah selanjutnya ada Jahe. Tumbuhan rimpang ini memang sering digunakan untuk obat dan punya manfaat banyak bagi kesehatan. Rasa pedas pada Zingiber Officinale ini bisa redain mual dan nyeri. Dan tentu saja masih banyak kegunaan lainnya. Saya sendiri minumnya Jahe hangat saja yang sebelumnya dibakar dan digeprek. Kalau Jahe Merah, lumayan enak dimakan langsung.


  • Nanas
    Salah satu buah favorit dan suka saya konsumsi apalagi saat haid. Buah ini mengandung enzim bromelain yang bisa melancarkan aliran darah. Selain itu, ada beragam nutrisi di dalamnya yang tentu saja baik bagi kesehatan. PR-nya sih saat ngupas saja. Makanya kadang saya beli yang sudah bersih meski sedikit lebih mahal.

  • Sayuran Hijau
    Buat perempuan asam folat dan zat besi itu penting banget karena kita kan setiap bulan menstruasi. Makanya kudu banget mengonsumsi sayuran hijau seperti Bayam, Brokoli, Sawi dan lain sebagainya. Kalau folatnya terpenuhi, pembentukan sel-sel darah merah juga lancar.



  • Cokelat
    Saat awal Menstruasi, saya suka mengonsumsi Cokelat karena memang memberikan efek senang. Sebenarnya masih banyak yang butuh diteliti soal ini karena mungkin hanya sugesti sehingga kita melupakan rasa sakit. Namun, Dark Chocolate itu mengandung 70% kakao, penuh sama antioksidan, serat, dan nutrisi penting kaya zat besi, seng, magnesium, dan kalium yang tentu saja baik buat tubuh.

    Nah, itu dia 5 Rekomendasi Makanan Ringankan Nyeri dan Lancarkan Haid yang paling sering saya konsumsi. Kalau memang rasanya enggak karuan, kadang saya juga minum ibuprofen, obat anti nyeri dan bisa juga buat nurunin demam. Biar enggak ribet, saya langsung checkout di ecommerce tokopedia. Kenapa pilih beli di sana?

    Selalu ada, selalu bisa, saya memang sudah lama suka belanja di Tokopedia. Si Hijau kalau kata Warganet, buat saya jadi tempat perdagangan elektronik yang mudah digunakan. Ada banyak toko UMKM di sana. Saya suka bebas ongkir yang diberikan juga kupon dan promo yang lumayan banget digunakan saat belanja. Yang paling penting, saat ada keluhan atau pesanan dikomplain, ngajuinnya juga terbilang mudah. Tinggal ikutin prosedur dan pilihan yang ada. Sepengalaman saya, beneran no ribet, ongkos kirim juga diganti dari sana.

Jaga Kesehatan Menstruasi dengan Konsumsi Makanan Bernutrisi


    Walaupun Menstruasi memang hal yang lumrah, justru karena itu selalu terjadi tiap bulan untuk wanita normal, maka menjaga kesehatan dan kebersihan jadi barang yang wajib. Konsumsi makanan bernutrisi selama haid. Hindari makanan yang tinggi garam, berlemak, beralkohol, minuman berkarbonasi kaya soda dan kafein. Tidak ada salahnya kita juga mengonsumi Tablet Tambah Darah dan jangan lupa istirahat serta olahraga.

    Kalian sendiri bagaimana? Punya rekomendasi makanan apa untuk meringankan nyeri dan melancarkan haid? Coba share di kolom komentar ya. Sampai jumpa. Happy blogging!
Related Posts
Terbaru Lebih lama

Related Posts

6 komentar

  1. Alhamdulillah haidku ga pernah nyeri berlebih bila dibandingkan dengan teman2 yang lain, bener kadang sampe pingsan atau harus bedrest, mungkin beda2 yaa. Palingan pas PMS aja mood yang paling tinggi, tapi udah bisa ngatasin hahaa.
    Nah, aku suka cemilan dan minuman di atas Jiah, sama banget, seringnya sih minum jamu biar banyaak dan cepet dan bisa tetep bergerak disegala kegiatan dengan happy meski saat M.

    BalasHapus
  2. Temenku juga ada yang gitu tiap haid suka pingsan, makanya ada di beberapa perusahaan kebijakan cuti haid ya. Banyak cara untuk meringakan nyeri biasanya pakai bahan herbal ya Jiah. Alhamdulillah aku aman-aman aja gak ada keluhan kalau datang bulan

    BalasHapus
  3. Waahh teringat masa masih gadis dulu, kalau lagi menstruasi, masya Alllaaahhh sakit banget perut, kadang sampai gemetaran sampai mau pingsan.
    Sampai kadang juga saya takut, jangan-jangan ada masalah nih di perut

    BalasHapus
  4. Aku dulu saat remaja iya sering sakit saat hari pertama haid, sakit gak nyaman banget. Pernah sampai minum obat juga. Dulu kurang informasi makan apa biar meredakan rasa nyeri haid

    BalasHapus
  5. Wah aku baru tahu kalau nanas bisa berfungsi mengurangi sakit saat menstruasi... bisa dicoba nih, karena saya penyuka nanas banget...

    BalasHapus
  6. Saya tuh selalu kepengen makan coklat kalau menjelang haid. Kayaknya nyaman gitu. Begitu juga saat haid hari pertama dan kedua. Padahal sehari-harinya biasa ma coklat

    BalasHapus
Komentar saya moderasi. Tinggalkan jejakmu di sini, Teman!